Pada hari rabu, tanggal 22 Juni 2022, Mahasiswa Program Studi Manajemen Bisnis Syariah (MBS) telah melaksanakan seminar dengan tema “Strategi Mendesain Kemasan Kreatif bagi Pebisnis Pemula" di ruang zoom. Narasumber dari acara ini merupakan salah satu Creative Group Head dari Dampu Design yaitu Bapak Damaralam Hendradewa dan rekan nya yaitu Bapak Nanang Wahyudi yang telah memiliki segudang pengalaman di bidang Design Kemasan Kreatif yaitu salah satunya pernah mendesign untuk produk ternama di Indonesia diantara nya Olay, Sunsilk, Marina, Dove, dll.
Acara kuliah umum tersebut dibuka oleh MC yaitu Hafsah Muthmainnah selaku Mahasiswa Bisnis Syariah. Beliau menyampaikan pesan secara khusus kepada para peserta seminar agar dapat mempergunakan momen seminar ini untuk menambah pengetahuan di bidang mendesain kemasan kreatif yang akan berguna bagi para peserta yang tertarik untuk mempunyai bisnis. Setelah pembukaan yang telah disampaikan oleh MC, maka diambil alih oleh moderator yaitu Asyam Muhammad Mumtaz selaku Mahasiswa Manajemen Bisnis Syariah setelah pembacaan CV pembicara moderator langsung mempersilahkan Bapak Nanang Wahyudi untuk memberikan sedikit kata pengantar dan penjelasan tentang Dampu Design. Setelah itu dilanjutkan dengan acara inti pemaparan materi oleh pembicara yaitu Bapak Damaralam Hendradewa dimulai dengan menjelaskan apa itu kemasan. Kemasan saja tidak cukup harus bisa menginformasikan apa produknya. Tugasnya kemasan adalah Melindungi, sebagai wadah, promosi, melindungi agar tidak mudah dicuri, agar nyaman di pegang, bisa menjual produknya, gampang di buka dan ditutup lagi, konsumen punya 3-5 detik untuk hanya melihat rak kiri atau kanan maka dari itu jika kemasan gak unik maka akan sulit dilirik oleh konsumen
Nanti saat produk kita sudah naik di pasar maka akan muncul peniru atau kompetitor jangan risau kita harus tetap melihat perubahan pasar, selalu melakukan inovasi dan perhatikan packaging value. Produk sama persis tapi dengan kemasan yg berbeda jadi lebih mahal dengan memperhatikan hal-hal berikut diantara nya adalah harmonis, Harus selaras, tampil beda, label untuk semua, sosmedable
Kesimpulan dari materi yang disampaikan adalah jika kita ingin membangun sebuah bisnis selain mempertahatikan target pasar dan keuangan yang dimiliki kita juga harus lebih perduli dengan desain kemasan untuk produk kita nanti. Karena banyak sekali tipe konsumen jika ingin membeli suatu barang yaitu salah satunya melihat seberapa cantik kemasan itu dibuat. Bahkan bukan untuk mempercantik produk kita saja, tetapidesain kemasan yang kreatif dan inovatif akan lebih mudah diterima oleh konsumen.
Di Akhir sesi dari pemaparan materi dilakukan sesi tanya jawab secara interaktif kepada peserta seminar dan penanya terbaik mendapatkan marchandise yang telah disiapkan oleh panitia.