pegawai

Endang Ahmad Yani, SE., MM

is a regular dosen of Perbankan Syariah born in Tasikmalaya, 10 Maret 1971.

Meraih gelar Sarjana Ekonomi di Universitas Muhammadiyah Malang tahun 1995 dan Magister Manajemen tahun 2006 di Universitas ARS International School Bandung, kini tengah menyelesaikan program Doktor Ekonomi Islam di UIN Syarif Hidayatullah.

Ketua Biro LITBANG Zakat, Infaq, Shadaqah dan Wakaf pada Ikatan Ahli Ekonomi Islam Indonesia. Memiliki pengalaman dibidang Riset, kewirausahaan, Lembaga Keuangan Mikro Syariah baik konsultasi, pelatihan, pengembangan maupun pendampingan, pembuatan studi kelayakan bisnis dan personal development serta aktif sebagai pembicara tentang Ekonomi Islam. Berikut merupakan hasil riset yang pernah dilakukaan kerjasama dengan dalam negeri, antara lain Kajian Rencana Umum Penanaman Modal (RUPM) Kota Tangerang Selatan, Kajian Regulatory Incentives Dalam Rangka Mengakselerasi Pertumbuhan dan Peningkatan Kualitas Industri Perbankan Syariah (kerjasama dengan Bank Indonesia), Kajian Pembentukan Holding Company Kota Tangerang Selatan, Kajian Peluang Pemanfaatan Dana Pensiun BUMN untuk Pembiayaan Perumahan (kerjasama dengan Kementerian Perumahan), Kajian Review Perda BPRS Kota Bekasi, Evaluasi Faktor - faktor Keberhasilan dan Kegagalan Program Skim Pelayanan Pembiayaan Pertanian (SP3) (kerjasama dengan Departemen Pertanian), Masukan Teknis Aplikasi Wakaf Tunai Dalam Pembiayaan Investasi Perumahan Swadaya di enam Kota (Yogyakarta, Solo, Lampung, Palu, Banjarmasin dan Bandung) (Kerjasama dengan Kementrian Negara Perumahan Rakyat) , Kajian Kebijakan Pembiayaan Mudharabah untuk Mendorong Kegiatan Investasi Perumahan di Enam Kota (Bandung, Surabaya, Denpasar, Makasar, Balikpapan dan Medan) (kerjasama dengan Kementerian Negara Perumahan Rakyat)
Sementara kerjasama riset dengan pihak luar negeri, antara lain Assessment Of Zakat and Its Development potentials In Indonesia (kerjasama dengan Amerika, melalui USAID)

Market Potensial Survey in Relation to The Feasibiity Study on The Potential Establishment of a JV-Co to Support the Laounch of Shariah – Based National Bonds – Saving Scheme in Indonesia (Kerjasama dengan PT. National Bonds Abu Dhabi)

Sementara prestasi dalam bidang publikasi ekonomi syariah yaitu pengarang pertama pelajaran ekonomi Islam untuk tingkat SMP dan SMA di Indonesia aplikasinya di Kota Tasikmalaya sejak tahun 2003. Peraih call for papers hasil riset perbankan syariah terbaik Bank Indonesia Biro Penelitian Pengembangan dan Pengaturan Perbankan Syariah tahun 2008.

Sejak tahun 2010 meraih Sertifikasi Dosen bidang Perbankan Syariah. Aktif menulis jurnal ilmiah  dan media lain baik lokal maupun nasional, pernah menjadi presenter perbankan syariah secara live di MQ TV Bandung.

Kontribusi pengembangan ekonomi syariah di bidang praktisi, menjadi Dewan Pengawas Syariah (DPS) di Indosurya Multifinance dan Prioritas Multifinance.

Facebook: endang ahmad yani 


Email : ahyani2009@gmail.com