berita

Prodi Akuntansi Syariah Selenggarakan Ujian Kompetensi Akuntansi Syariah

Kategori Berita : '2014-04-10' / '15:41:37' WIB
'

Rabu (15/01) STEI SEBI – Program Studi (Prodi) Akuntansi Syariah kembali menyelenggarakan Ujian Kompetensi Akuntansi Syariah atau dikenal dengan USAS Lokal untuk mahasiswa tingkat akhir, angkatan 2010. Ujian kompetensi ini diikuti oleh 44 orang mahasiswa dari kelas A dan B. Ujian ini merupakan program tahunan yang dirancang untuk memberikan pengakuan terhadap kompetensi yang dimiliki oleh mahasiswa akuntansi syariah. Materi ujian yang diujikan adalah terkait dengan pengetahuan akuntansi syariah yang telah diperoleh sejak semester 1 sampai semester 7. Materi ini terkait pemahaman dasar terhadap akuntansi syariah, akuntansi perbankan syariah, akuntansi asuransi syariah, akuntansi zakat/infak, auditing syariah, PSAK Syariah dan isu-isu yang terkait dengan perkembangan akuntansi syariah di Indonesia dan luar negeri.

Peserta yang berhasil lulus akan diberikan sertifikat kompetensi akutansi syariah oleh Prodi Akuntansi Syariah. Nilai kelulusan yang ditetapkan adalah 75. Standar ini mengacu pada standar nilai yang dipakai oleh Ikatan Akuntan Indonesia (IAI) dalam Sertifikasi Akuntansi Syariah (SAS). USAS Lokal ini dipersiapkan untuk memberikan persiapan bagi mahasiswa untuk bias mengikuti sertifikasi yang diselenggarakan oleh IAI.

Soal-soal yang disusun dalam USAS Lokal ini dibuat oleh tenaga pengajar Prodi Akuntansi Syariah yang telah mendapat gelar profesi Sertifikasi Akuntansi Syariah (SAS) dari IAI. Saat ini, terdapat 3 (tiga) tenaga pengajar SEBI yang telah mendapat sertifikasi tersebut dari IAI. Sehingga, soal yang dujikan kepada mahasiswa sedikit banyak beririsan dengan soal-soal yang pernah diperoleh ketiga dosen tersebut saat mengambil sertifikasi SAS.

 

USAS Lokal ini sudah diselenggarakan sejak tahun 2012 untuk angkatan 2008. Persisnya ujian ini telah dilakukan untuk 3 (tiga) angkatan yaitu angkatan 2008, 2009 dan 2010. Upaya ini pun mulai menampakkan hasil. Beberapa alumni Prodi Akuntansi Syariah sudah menggunakan sertifikasi local ini untuk pendukung resume mereka saat memasuki dunia industri.

Kedepan, USAS Lokal ini akan terus diadakan dan diperbaiki kualitasnya terutama soal-soal yang diujikan. Dan diproyeksikan, pada saatnya ujian ini akan bias dikukuhkan sebagai pengganti ujian komprehensif untuk kelulusan sarjana. Artinya, semua calon sarjana Prodi Akuntansi Syariah harus lulus dan memiliki sertifikat ini. [sm]

Baca Juga Berita Lainnya