berita

SEMARAK PUNCAK GEBYAR EKONOMI SYARIAH STEI SEBI KE-XI

Kategori Berita : '2017-04-27' / '09:16:59' WIB
'

DepokSekolah Tinggi Ekonomi Islam (STEI) SEBI melangsungkan puncak kegiatan Gebyar Ekonomi Syariah ke-XI yang dilaksanakan di Gedung Garuda Pusdiklat Depdiknas Kemdikbud, Sawangan, Depok (23/04). Puncak GES kali ini dihadari oleh 300 peserta Internal dan eksternal kampus STEI SEBI. Pembacaan kalam illaho dilantunkan oleh Abdan Syakur, mahasiswa penerima beasiswa Hafidz, menjadi pemula berjalannya acara. Kemudian diikuti dengan sambutan-sambutan yang disampaikan oleh: Ketua Pelaksana, Imam Soffan; Ketua STEI SEBI, Bapak Sigit Pramono; dan Walikota Depok yang kali ini diwakilkan oleh Bapak Ir. Herman Hidayat, M.T., sekaligus pembukaan kegiatan secara simbolis yang dipandu langsung oleh beliau.

Di dalam sambutannya, Bapak Herman berharap dengan adanya seminar seperti ini dapat menjadi jawaban bagi isu-isu seputar perekonomian. Menurut beliau, kegiatan ini ialah agenda yang perlu mendapatkan perhatian. “Mudah-mudahan agenda yang dilaksanakan oleh STEI SEBI mendapatkan keberkahan,” ucap beliau di akhir sambutan.

Direktur Daerah Tertinggal, Transmigrasi dan Pedesaan Bapenas, Bapak Drs. Sumedi Andono Mulyo, MA, PhD turut menyampaikan keynote speech-nya dalam bentuk presentasi. Beliau memaparkan beberapa outline yang diantaranya membahas mengenai megatren yang terjadi ditingkat global sehingga harus mampu untuk diatasi. Menurut Sumedi, Indonesia harus bisa menghadapinya mengingat secara demografi memiliki sumber daya yang mencukupi bahkan melimpah. “Ekonomi Indonesia 2045 pun masih memiliki banyak hambatan, tapi kita harus memiliki skenario yang membuat kita optimis dalamnya.”

Seminar Nasional yang mengusung tema “Optimalisasi Potensi Desa dalam Mendukung Tujuan Pembangunan Berkelanjutan” menjadi sorotan utama para hadirin yang Pembangunan Berkelanjutan” menjadi sorotan utama para hadirin yang dimoderatori oleh Rachmat Rizky Kurniawan bersama empat narasumber berikut materinya, yaitu:

1. Dr. Ir. Conrad Hendrarto, M.Sc: Strategi Pemerintah dalam Pemanfaatan Desa Berbasis Ekonomi Islam.

2. Dr. H. Setiawan Budiutomo: Peran OJK dalam Mendorong Inklusi Keuangan Bagi Masyarakat Desa Melalui Keuangan Syariah

3. Muhsinin Fauzi Lc.: Peran Lembaga Filantropi dalam Mengembangkan Potensi Desa.

4. Endang Ahmad Yani, S.E., M.M:  Model Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Desa Berbasis Masjid

Usai salat zuhur dan makan siang, rangkaian acara selanjutnya adalah Expo Vaganza yang diisi oleh Bapak Bukhori. Tidak lupa pula penampilan yang dibawakan oleh Anak Binaan yang berasal dari SMK Nasional, Grup Nasyid Showtune, dan Edcoustic selaku Guest Star menjadi hiburan diakhir penutupan acara formal bagi para tamu undangan dan hadirin sekaligus pengumuman pemenang lomba yang diselenggarakan di hari Sabtu kemarin.

Baca Juga Berita Lainnya