berita

Workshop “Sakinah Finance Planning” Oleh GES 11 SEBI

Kategori Berita : '2017-04-04' / '10:16:31' WIB
'
Depok – Gebyar Ekonomi Syari'ah (GES) 11 menggelar Workshop yang bertajuk “Sakinah Finance Planning” pada Sabtu (25/03) pagi di Aula Perpustakaan Balaikota Depok. GES 11 kali ini menghadirkan pembicara yang luar biasa di bidangnya, yang terbagi menjadi dua sesi. Sesi pertama bertemakan Instrument Investasi Syariah dengan pembicara Derry Yustria Surya Dharma, SE., MBA selaku Senior Supervisor Sharia Capital Market Development - Bursa Efek Indonesia dan Astri Faizati, Head Online Trading - PT. Henan Putihrai Sekuritas dan di sesi kedua membahas terkait Merancang Perencanaan Serta Pengelolaan Anggaran Keluarga dengan pembicara Tri Antoro, SE. selaku Manajer Operasional SBU Syariah Kantor Pusat.

Acara workshop kali ini berlangsung dengan baik dan mendapat sambutan yang hangat dari pihak Walikota Depok yang diwakili  oleh Ir. Herman Hidayat selaku Asisten Ekonomi Pembangunan Kota Depok yang turut menghadiri acara ini. Peserta yang hadir pada acara ini dari berbagai instansi termasuk diantaranya STEI SEBI, UI, UNJ, UMJ, Unindra, Universitas Gunadarma, STEIN, Universitas Persada Indonesia Y.A.I, Bappenas, PT. Trubus Swadaya, Mercubuana, dan Umum.

Acara dimulai pukul 08.00 WIB dengan pembacaan tilawah oleh M Abdan Syakur,  Mahasiswa STEI SEBI Penerima Beasiswa Tahfidz 100%.  “Ekonomi bukan ilmu diatas kertas, tapi harus ada praktiknya, mahasiswa harus berinteraksi dengan masyarakat” jelas Deni Purnama Lc. MA. Ek (Kemahasiswaan STEI SEBI) dalam sambutannya. Pada sesi pertama, Derry Yustri Surya dharma SE., MBA menjelaskan tentang investasi saham syariah dipasar modal Indonesia yang sekarang ini mulai berkembang. Tidak hanya investor eksklusif saja, namun investor muda khususnya kalangan mahasiswa pun ikut berperan aktif. Pertumbuhan investasi di kalangan muda tiap tahun terus menigkat. Pada tahun ini terdata 7.000 investor baru. Beliau juga menambahkan bahwa membeli saham saat ini seperti membeli  membeli buah, reksadana seperti membeli  rujak tergantung bagaimana manajer investasinya.

Tak kalah menariknya, di sesi kedua yang  dimoderatori oleh Rachmat Rizky Kurniawan SEI., MM (Ketua Program Studi Manajemen Perbankan Syariah dan Dosen STEI SEBI). Dimulai pada pukul 12.30 WIB, berlangsung dengan penyampaian oleh bapak Tri Antoro, SE. Beliau menjelaskan tentang perbedaan antara kebutuhan dan keinginan. Beliau juga menjelaskan bagaimana caranya agar dalam mengatur keuangan di dalam kehidupan berumahtangga, serta memaparkan cara me-manage uang dalam segi prioritas kebutuhan untuk kehidupan rumah tangga "Yang terpenting dari me-manage keuangan rumah tangga itu adalah disiplin dan konsisten." Ujar bapak Tri Antoro.

Diakhir sesi Bapak Tri Antoro berpesan "Sekarang kita harus punya mimpi yang besar , dan hanya kedisiplinan lah yang akan berhasil dalam menjalankan manajemen keuangan dalam rumah tangga tersebut." Acara Workshop pun berakhir pada pukul 14.00 WIB dengan pembagian cinderamata yang diserahkan langsung oleh Imam Soffan selaku ketua GES 11 dan dilanjutkan dengan foto bersama.(ads)

Workshop “Sakinah Finance Planning” Oleh GES 11 SEBI

Baca Juga Berita Lainnya