berita

GES 11 SEBI Bangun Kepedulian Dengan Seminar Bank Sampah

Kategori Berita : '2017-04-04' / '10:06:33' WIB
'

 

Sampah merupakan masalah yang perlu diperhatikan dan di cari solusi penyelesaian pada saat ini, tidak jarang sampah yang tidak terkontrol pembuangannya menjadi penyebab dari bencana alam seperti banjir serta menimbulkan berbagai penyakit misalnya gatal gatal dan diare, sehingga perlu dicari solusi yang tepat untuk menanggulangi masalah terkait hal ini.
Pada  Kamis, 23 Maret 2017 STEI SEBI  mengadakan Seminar Bank Sampah yang merupakan salah satu dari  rangkaian dari acara Gebyar Ekonomi Syariah (GES) 11 yang juga bersinergi dengan Lembaga Dakwah Kampus Sebi Solidarity for Palestine (SSP),yang  bertempat di Masjid Nurul Jihad RT/RW 02/06, Kelurahan Duren Mekar, Kecamatan Bojongsari Kota Depok yang dihadiri oleh belasan masyarakat Kelurahan Duren Mekar, dengan pembicara Erni Yuliawati dari Koperasi Bina Usaha Sejahtera. Imam Soffan selaku Ketua Pelaksana GES 11 dalam sambutannya menyampaikan bahwa tujuan  acara ini merupakan salah satu ajang bagi mahasiswa STEI SEBI untuk mendekatkan diri pada masyarakat.
Erni dalam penyampaiannya menyebutkan bahwa kita bisa mengubah sampah menjadi uang. “Langkah pertama adalah memilah antara sampah organic dan non organic kemudian setelah itu akan ada pengepul yang datang untuk menimbang sampah itu dan hasilnya akan diambil setahun sekali atau setahun dua kali dengan rata rata hasil yang di dapat 300-500 ribu rupiah, tergantung seberapa banyak dan sering menyetorkannya kepada pengepul.” Jelas Erni.
Bank Sampah berdiri karena adanya kekhawatiran pengelolaan sampah yang ada,  juga hadir sebagai solusi pemberdayaan ekonomi masyarakat dan solusi untuk menjadikan lingkungan yang asri. Menurut Erni, sampah yang ada saat ini tidak boleh diterapkan 3 J : Jangan dibuang sembarangan karena akan mencemari lingkungan, Jangan dibakar karena dapat menimbulkan penyakit kulit, dan Jangan dikubur karena bisa mencemari sumber air yang ada. “Dengan sadar memilah sampah, maka sama saja berkontribusi untuk lingkungan sekitar, juga menjaga bumi Allah SWT” tutupnya.(amr)

 

Baca Juga Berita Lainnya