berita

KSEI IsEF SEBI Adakan Pelatihan Karya Tulis Ilmiah

Kategori Berita : '2017-12-08' / '13:54:40' WIB
'

Depok – Jum’at (24/11) Pekan Riset Mahasiswa (PRISMA) 2017 sukses diselenggarakan. Dipelopori oleh Departemen Pengembangan Potensi dan Intelektual (D’pensil) Kelompok Studi Ekonomi Islam Islamic Economic Forum (KSEI IsEF). Dihadiri oleh 51 mahasiswa, serta diisi oleh Endang Ahmad Yani, SE., MM., dan dimulai pada pukul 17.00 WIB.
Acara dimulai dengan tilawah yang dibawakan oleh Iqbal Muttaqin, mahasiswa STEI SEBI angkatan 2016. Dilanjutkan dengan sambutan dari Halwani, selaku ketua umum KSEI IsEF. “Agenda ini diselenggarakan bagaimana kita berbondong-bondong cinta terhadap kepenulisan, terhadap dunia literasi. Dan harapannya muncul sosok-sosok yang mampu mengikuti jejak-jejak para dosen kita yang aktif di dunia kepenulisan.” Tutur Halwani dalam sambutannya.

Acara ini pun diikuti dengan seksama oleh para peserta pelatihan. Disisi lain, pemateri juga menyampaikan kiat-kiat membuat karya tulis ilmiah. Pertama, sebelum memulai meneliti dan membuat karya tulis ilmiah, ubah paradigma kita bahwa menulis dan meneliti itu mudah. Kedua, lihat tema dengan pilihan sub tema yang ada. Ketiga, pilih sub tema yang paling kamu sukai. Keempat, seorang peneliti pantang merasa tidak tahu dan tidak bisa. Kelima, perbanyaklah membaca. Baik itu baca jurnal, berita, artikel ataupun sebaginya. Keenam, perbanyak relasi dengan pihak-pihak yang mempuni dibidang-bidang tertentu. Dan terakhir, coba untuk ikut lomba-lomba karya tulis ilmiah untuk mengasah skill kita. Karena, skill tanpa praktek tak ada apa-apanya. Beliau juga menyampaikan point penting dalam menulis karya tulis ilmiah “Banyak research, banyak baca dan banyak-banyaklah nanya.” Tegasnya diakhir sesi.
Sebagai informasi, Pelatihan Karya Tulis Ilmiah ini akan diadakan sebanyak tiga kali. Acara yang dipandu oleh Adam Firdaus ini diakhiri dengan pemberian cinderamata dan sesi foto bersama.
(say)

Baca Juga Berita Lainnya