berita

STEI SEBI Adakan Kopdar Youngpreneur

Kategori Berita : '2017-12-06' / '11:14:44' WIB
'

Depok – Sabtu (25/11) Kopi Darat (Kopdar) Youngpreuneur yang mengangkat tema “Bongkar Rahasia Sukses Bisnis Model Canvas untuk Optimalkan Bisnismu” sukses diselenggarakan. Acara yang diinisiasi oleh mahasiswa jurusan Manajemen Bisnis Syariah angkatan 2014 ini menghadirkan Arry Rahmawan, ST, MT. (Founder Cerdas Mulia Institute, Dosen Departemen Teknik Industri Universitas Indonesia dan Penulis Buku Best Seller Studentpreuneur Guide Book).  Acara yang dihadiri 100 peserta dan perwakilan Kaprodi Manajemen Bisnis Syariah Atiyah Fitri, S.Sos, M.Si. ini diselenggarakan di Sebi Hall, STEI SEBI, Depok.


“Mungkin saya tidak akan menyampaikan banyak kata dalam sambutan ini. Intinya saya berharap semoga anda sekalian (peserta) dapat mengambil pelajarannya dari acara ini dan anda bisa bertanya sedalam-dalamnya kepada narasumber tentang bisnis model canvas ini.” Tutur Bu Atiyah (perwakilan Kaprodi Manajemen Bisnis Syariah) dalam sambutannya.
Acara inti dimulai dengan pembicara yaitu Bapak Arry Rahmawan, ST, MT yang menyampaikan materinya tentang apa itu bisnis model canvas “Bisnis Model Canvas itu adalah sebuah lembaran sederhana yang bisa menjelaskan model bisnis sebuah organisasi atau perusahaan. Jadi harapannya dengan model bisnis canvas ini dapat melihat gambaran proses bisnis yang terjadi dan melihat model bisnis yang terjadi, jadi dengan begitu perusahaan atau organisasi dapat berinovasi terkait bisnisnya agar mereka dapat berkonpetitif nantinya. Jadi tidak hanya secara teknis tapi dengan adanya model canvas ini secara designya pun jadi mudah dipahami.” Ujarnya.
Beliau juga menjelaskan hal-hal yang menghambat mahasiswa dalam berbisnis “Mahasiswa itu harus mulai memfokuskan dalam mengeksekusi bisnisnya. Saya yakin mahasiswa itu ide bisninya sangat banyak bahkan bertebaran dimana-mana akan tetapi, dalam hal mengeksekusi ide-ide tersebutlah tidak dilakukanoleh mahasiswa. Jadi tidak perlu banyak teorinya, tidak usah banyak pertimbangannya yang penting adalah eksekusinya. Pasti seiring dengan berkjalannyawaktu mahasiswa itu akan mendapat pengalamannya.” Tambah Arry.
Dalam sesi wawancara beliau menyampaikan kesan pada acara ini “Saya sangat mengapresiasi acara ini karena mahasiswa dapat berfikir kreatif, kritis, dan berlatih berfikir detail dalam acara ini. Dan saya berharap acara ini dapat dilaksanakan dalam tingakat yang lebih besar lagi yaitu dalam tingkat nasional misalnya.” Jelasnya

Acara kopdar ini bukan hanya menyajikan teori saja, akan tetapi terdapat praktek yang langsung di komandoi oleh Bapak Arry. Acara kopdar diakhiri dengan penilaian dari setiap model canvas dengan dinilai langsung oleh Bapak Arry. Dan acara pun ditutup dengan pemberian cinderamata dan sesi foto bersama serta makan bersama yang telah disediakan oleh panitia dengan dimeriahkan oleh Rapp Public. (say)

Baca Juga Berita Lainnya